Home » » Copy-Paste a.k.a Copas

Copy-Paste a.k.a Copas

Maaf sedang belajar bahasa baku. Hehe

Stop Copy-Paste

Copy-Paste a.k.a Copas | Beberapa orang berfikir bahwa "copy paste itu pasti plagiat". Atau "copy paste itu hanyalah trik untuk orang yang malas alias ingin yang serba instant". Tapi tidak selalu begitu sobat. (Jauh sekali pemikirannya). Tidak selalu copas itu berhubungan dengan hal negatif (seperti menyalin artikel sepanjang lima halaman untuk kepentingan tugas sekolah).

Yang akan saya bicarakan disini yaitu tentang copas isi artikel blog. Sobat pasti pernah (misal) pada waktu sobat berniat hendak mencari tutorial blog di situs pencarian (seperti) Google lalu disitu terpampang beberapa situs yang isi artikelnya itu sama semua. Sebenarnya itu sangat tidak bermanfaat. Ditambah lagi misal itu memang postingan hasil dari Copy-Paste, tidak disertakan darimana sumber postingan itu diambil. Memang itu semua bisa dijadikan senjata untuk menarik visitor dan meningkatkan traffic. Namun sebenarnya itu semua Spam bagi Google.
Dalam pidatonya, Google pernah menyampaikan bahwa Google tidak membutuhkan postingan seperti itu. Google mengharapkan postingan yang berkualitas yang keluar dari pemikiran penulis sendiri karena postingan semacam itu sudah menjadi sampah di dalam databasenya.
Sejujurnya saya juga pernah melakukan copas. Tapi itu dulu pada waktu saya baru mengenal blog. Terkadang juga saya melakukan copas pada saat saya merasa postingan tersebut berguna untuk saya miliki (dengan menambahkan source/sumbernya) . Hehehe

Untuk menanggapi kasus tersebut, tidak jarang para author blog masing-masing mengakali blog mereka dengan beberapa script agar segala tulisan yang ada di dalam blog mereka tidak bisa diambil oleh orang lain. "Namun apa itu efektif?". Saya rasa itu malah akan membuat blog terasa seperti di Private dan orang lain tidak bisa menikmatinya. (Pikirkan tujuan orang mengunjungi blog sobat).

Sebenarnya bila sobat ingin mengetahui siapa saja orang yang pernah mengambil isi artikel dari blog sobat dan merepost ulang, bisa sobat cari di www[dot]copyscape[dot]com. Atau bila berniat menambahkan script seperti kata-kata saya diatas bisa sobat cari di mesin pencari kepercayaan sobat :p

JANGAN MELAKUKAN COPAS KARENA ITU TIDAK BAIK
BILA TERPAKSA, JANGAN LUPA UNTUK MENAMBAHKAN SUMBER DARIMANA SOBAT MENGAMBIL ARTIKEL TERSEBUT
Share this article :

+ komentar + 6 komentar

Thursday, June 28, 2012 5:37:00 PM

Setuju sob,,copy-paste sekarang udah gak berguna lagi di search engine google :)

Thursday, June 28, 2012 8:34:00 PM

Saya terkadang juga melakukan copas mas, tapi biasanya hanya untuk mengambil pendapat tokoh itupun saya cantumkan source :D

Friday, June 29, 2012 7:40:00 PM

Jadi inget pas masih awal di blog yang lama mas... sukanya kopas kopas, jadi ya artikel sampe ratusan padahal waktunya mepet :D

Saturday, June 30, 2012 10:36:00 AM

Saya sngt setuju gan ... Copas itu asi kata mbah google

Tuesday, July 03, 2012 8:43:00 AM

kalo kita copas, kita ikuti aja aturan pembuatan skripsi mas. Pada saat pembuatan skripsi, copas itu disebut kutipan, jadi kita memakai catatan kaki sehingga tidak dianggap mencuri. Nah dengan membuat link ke sumbernya berarti kita benar-benar mengakui bahwa tulisan tersebut bukanlah hak kita, kita hanya mensharing saja

Thursday, July 12, 2012 3:41:00 AM

mungkin uteke wes kebuntel. dadai ora iso miker yo akire copas

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan, bijak dan membangun demi kepentingan bersama.

 
Support : My personal blog - Yusron Krista
Copyright © 2011. Leciku - Portal Berita Anak Muda - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger