Home » » Sederet Aplikasi Asyik Pendamping Mudik

Sederet Aplikasi Asyik Pendamping Mudik

Sederet Aplikasi Asyik Pendamping Mudik
Mudik sudah menjadi ritual tahunan warga Jakarta menjelang perayaan Idul Fitri. Banyak masyarakat ibukota berbondong-bondong kembali ke daerah asal untuk merayakan hari besar tersebut bersama keluarga.

Namun bukan rahasia lagi jika mudik terkadang terasa amat melelahkan, terutama karena kondisi jalan yang macet atau perubahan cuaca yang sulit diprediksi. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada banyak aplikasi smartphone yang bisa dilirik. Berikut di antaranya yang mungkin cukup asyik dijadikan pendamping mudik.

Aplikasi Peta

Google Maps
Peta mungkin menjadi salah satu aplikasi wajib bagi Anda yang akan bepergian ke luar kota. Ada beragam jenis aplikasi ini yang bisa didapat baik secara berbayar atau gratis, misalnya saja Google Maps.

Google Maps, aplikasi peta yang sudah ada di hampir smartphone ini bisa dijadikan rujukan untuk menentukan rute mudik Anda. Fitur di dalamnya juga terbilang lengkap, mulai dari menentukan arah mengemudi, mencari lokasi SPBU dan tempat singgah terdekat, hingga memantau lokasi kemacetan di beberapa ruas jalan utama.

Selain Google Maps, alternatif aplikasi peta lainnya adalah Nokia Maps. Fitur yang ditawarkan aplikasi khusus ponsel pintar Nokia ini tak berbeda jauh dengan Google Maps, tapi yang menarik adalah kemampuannya untuk bisa digunakan secara offline tanpa batas.

Aplikasi Cuaca

AccuWeather.com
Cuaca yang tak menentu bisa saja terjadi saat Anda dalam perjalanan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tak salahnya memanfaatkan aplikasi gratis atau pun berbayar yang tersedia untuk beragam ponsel pintar.

Untuk BlackBerry misalnya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi BerryWeather yang memiliki fitur komplit. Pengguna bisa mendapatkan informasi cuaca selama sepekan berdasarkan lokasi, lengkap dengan temperatur, kecepatan angin, atau tingkat kelembaban. Selain itu masih banyak aplikasi sejenis yang bisa didapat pada app world.

Sedangkan untuk pengguna Android tak ada salahnya mencicipi widget gratisan dari AccuWeather. Aplikasi ini sangat lengkap dan memiliki tampilan yang menarik, pengguna bisa memantau cuaca berdasarkan lokasi, melihat peta, hingga menyaksikan tayangan prakiraan cuaca dunia. Selain ini masih ada aplikasi lain seperti The Weather Channel, WeatherBug, GO Weather, dan lainnya.

Aplikasi Pemantau Lalu Lintas

LewatMana.com
Aplikasi sekarang ini makin canggih, beberapa di antaranya bisa dipakai untuk memantau arus lalu lintas di jalan yang dilalui. Asyiknya lagi, dalam aplikasi tersebut juga disediakan video streaming untuk menampilkan kondisi jalan. Salah satunya adalah aplikasi TMC Polda Metro.

Aplikasi ini terbilang sangat berguna. Di dalamnya tersedia berbagai informasi penting seperti, lokasi kantor polisi terdekat, peta informasi, hingga arus lalu lintas di jalan tol yang disajikan melalui video.

Selain itu yang tak kalah hebat adalah aplikasi Lewat Mana. Selain menyaikan informasi lalu lintas terkini, di dalamnya juga terdapat informasi rumah sakit sekitar, bengkel, pom bensin, ATM, hingga tempat rekreasi jika ingin beristirahat sejenak.

Aplikasi Jadwal Sholat

Masjid
Untuk menghindari lupa waktu ibadah ketika di perjalanan, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan aplikasi pengingat Sholat.

Ada banyak sekali aplikasi jenis ini yang bisa didapat secara gratis, misalnya saja Prayer Time, atau MasjidNow yang bisa menuntun pengguna ke lokasi masjid terdekat, dan aplikasi lokal bertajuk Ayo Ibadah.


Aplikasi Kuliner

MDM - Cara Pintar Cari Tempat Makan
Bingung ingin makan di mana? Mungkin aplikasi ini bisa membantu.

Aplikasi bertajuk Makan di Mana bisa dijadikan referensi mencari tempat makan terdekat, lengkap dengan menu yang direkomendasikan.

Aplikasi ini tersedia secara cuma-cuma untuk ponsel Android, iPhone dan BlackBerry.

Source : DetikInet
Share this article :

+ komentar + 4 komentar

Saturday, August 18, 2012 12:47:00 AM

aplikasi yg terakhir itu cocok buat MOKEL kak ;)

Wednesday, August 22, 2012 1:53:00 AM

wah wah.. koleksinya mantep tuh, sayang saya gapake semua karena satu hal penting..

SAYA GAPUNYA ANDROIID!! IPHONE!! JUGA BB!! ~.~

Thursday, August 23, 2012 9:29:00 AM

selamat idul fitri 1433 H gan,, mohon maaf lahir dan batin...

Sunday, August 26, 2012 12:12:00 AM

Haha... ternyata kita sama, mas. :D

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan, bijak dan membangun demi kepentingan bersama.

 
Support : My personal blog - Yusron Krista
Copyright © 2011. Leciku - Portal Berita Anak Muda - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger