Home » » Cara Membuat Menu Grid Symbian Dengan Mudah

Cara Membuat Menu Grid Symbian Dengan Mudah

Selamat siang

Mengawali trick modding symbian diawal bulan agustus ini, akan saya perlihatkan eksperimen saya dalam Membuat Menu Grid dengan gampang dan dalam waktu singkat. Tanpa ribet dan tanpa perlu pusing tujuh tingkatan. Tidak lebih dari 20 detik selesai :)

Sebelumnya seperti apa menu grid itu?

Menu grid merupakan menu dengan tampilan ikon aplikasi yang berjajar banyak dan rapi membentuk persegi panjang atau persegi saja tergantung bagaimana kita mensettingnya. Ini hanyalah trick modding tampilannya saja (supaya menunya itu terlihat keren). Ciri menu grid itu sendiri yaitu biasanya terdapat banyak ikon aplikasi yang memenuhi isi menu, berbeda dengan menu biasa yang hanya bisa menampilkan beberapa ikon aplikasi saja di menu (tidak sebanyak grid menu). Sebagai contoh lihat gambar berikut:

Menu Biasa/Standart

Menu Grid

Baik pasti sobat semua sudah mempunyai gambaran kan dengan apa yang akan saya buat?
Jujur sebenarnya ini trick jadul. Trick lama. Symbian sudah kalah saing dengan Android yang terus menjamur dengan fitur-fitur hebatnya dan sekarang juga lebih banyak yang memposting tips serta trick mengenai Android (seperti mas Andank). Sudah jarang saya temui blog yang memposting tentang OS satu ini. Namun karena kecintaan saya terhadap OS Symbian (masalahnya android saya sudah berpindah tangan dan sekarang hanya symbian yang ada digenggaman saya) jadi akan saya teruskan. #TeruskanApanya?
  • Pertama, untuk file serta patch nya sudah saya siapkan tinggal sobat unduh saja dilink dibawah dan jangan lupa untuk status, handphone sudah dalam keadaan hacked.
Ohh iya, sebelumnya perlu sobat ketahui bahasa default apa yang digunakan handphone sobat. Coba lihat di folder Z:/Private/10207254/themes/270486738/270601904/1.0/. Apabila di folder tersebut ada file dengan ekstensi *.o0327 saya pastikan handphone sobat berbahasa indonesia dan sobat harus segera beralih ke bahasa tersebut karena apabila tidak maka sia-sia sudah sobat mencoba trick ini.

  • Langkah kedua, didalama file yang sobat download tadi terdapat dua file berekstensi zip, satu bernama 10207254.zip satunya lagi Patch.zip. Untuk yang 10207254.zip silahkan sobat ekstrak seluruh isinya ke folder C:/Private/. Untuk Patch.zip ekstrak ke folder patcher masing-masing kemudian jangan lupa untuk di checklist.
  • Terakhir, bongkar folder 10207254 tadi hingga sobat menemukan file seperti ini, misal *.o0327(5x8), *.o0327(10x10), *.o0327(10x5), dll. Itu merupakan file yang menentukan berapa banyak aplikasi yang akan tampil di menu sobat. Cukup pilih salah satu dan rename menjadi *.o0327.

Dan.. Walla :) selamat menu grid sobat telah jadi. Tinggal klik exit saja pada menu atau direstart juga tidak masalah dan coba sobat lihat sudah jadi seperti apa tampilan menu sobat.

Iya memang penjelasan saya diatas ribet dan mungkin sedikit sulit dipahami apabila tidak langsung mempraktekkan. Namun jangan khawatir, tutorial diatas bisa dikerjakan dan selesai dalam hitungan detik saja kok.
Kesalahan sistem/error yang mungkin terjadi setelah mencoba trick diatas bukan tanggung jawab saya. Saya hanya berbagi dan memberi contoh apa yang sudah saya praktekkan dan berhasil 100%. Sudah saya test di handphone symbian fp1 (Nokia E63) dan sebagian fp2 (Nokia X5-01 dan E72)
Download link :
http://qfs.mobi/f197870
Share this article :

+ komentar + 6 komentar

Saturday, August 04, 2012 11:33:00 PM

Symbian, mainan lamakuh.. :D #kangen

Sunday, August 05, 2012 3:39:00 AM

Ayok tukeran android mu sama symbian ku hihi :))

Sunday, August 05, 2012 2:28:00 PM

Android gapunya, symbian pun gapunya juga.. punya apa coba ?

Sunday, August 05, 2012 3:39:00 PM

Gak punya hp symbian s0b cuman Java s40.. But nice share :D

Monday, August 06, 2012 7:22:00 AM

punya hape pasti :)

Monday, August 06, 2012 7:23:00 AM

okei :) buruan beli s60 mas . Murah2 kok

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan, bijak dan membangun demi kepentingan bersama.

 
Support : My personal blog - Yusron Krista
Copyright © 2011. Leciku - Portal Berita Anak Muda - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger