Home » , , » Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011

Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011

Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011, Sebelum kita ke topik pembicaraan, mari kita simak yang berikut ini. Kabupaten Magetan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi di utara, Kota Madiun dan Kabupaten Madiun di timur, Kabupaten Ponorogo, serta Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Wonogiri (keduanya termasuk provinsi Jawa Tengah).

Kabupaten Magetan terdiri atas 17 kecamatan, yang terdiri dari 208 desa dan 27 kelurahan. Dilintasi jalan raya utama Surabaya-Madiun-Yogyakarta dan jalur kereta api lintas selatan Pulau Jawa, namun jalur tersebut tidak melintasi ibukota Kabupaten Magetan.Satu-satunya stasiun yang berada di wilayah kabupaten Magetan adalah Stasiun Barat terletak di wilayah Kecamatan Barat.

Magetan dikenal dengan aneka kerajinan kulit (untuk alas kaki dan tas), kerajinan gamelan, dan produksi jeruk pamelo (jeruk bali). Selain kerajinan diatas, ada banyak tempat-tempat wisata di magetan, diantaranya yaitu,

Air Terjun Jarakan,
Terletak di Desa Ngancar Kecamatan Plaosan, sekitar 80 m di atas Air Terjun Watu Ondo, dengan ketinggian air terjun 35 meter.

Air Terjun Pundak Kiwo,
Terletak di Desa Ngancar, Kec Plaosan, di bagian paling atas rangkaian air terjun dan merupakan air terjun paling besar dengan ketinggian 45 meter.

Air Terjun Tirtasari,
Terletak setinggi 50m diatas permukaan tanah, sekitar 2,5 Km dari Telaga Sarangan, dengan naik kuda atau berjalan kaki, dengan pemandangan indah

Air Terjun Watu Ondo,
Berada di Desa Ngancar, Kec Plaosan, di bagian paling bawah dari tiga air terjun pada satu aliran sungai di desa itu; yang kedua adalah Air Terjun Jarakan.

Argo Dumilah,
Merupakan puncak tertinggi Gunung Lawu (3.265 m dpl), dengan dua buah kawah tua di dekatnya, yaitu Kawah Telaga Kuning and Kawah Telaga Lembung Selayur.

Bumi Perkemahan Mojosemi,
Tempat Wisata Magetan 2 Km dari Telaga Sarangan, di wilayah Perhuani Lawu Selatan, dengab hawa sejuk, dan air pegunungan yang bersih.

Candi Reog,
Berada di Dusun Sadon, Desa Cepoko, Kec Panekan, peninggalan jaman Raja Airlangga, masih tersisa arca Kalamakara, arca naga, umpak, dan yoni.

Candi Simbatan,
Berada di Desa Simbatan, 17 Km dari Kota Magetan dimana terdapat Arca Dewi Sri yang pada dada kiri dan kanannya keluar air sumber yang bersih.

Cemoro Sewu,
Merupakan jalur pendakian Gunung Lawu. Pendaki beristirahat di Cemoro Sewu menunggu jam pendakian (21.00 – 23.00) untuk melihat sunrise di puncak.

Makam G.B.R.Ay. Maduretno,
Terletak di Gunung Bancak Desa Giripurno, Km dari Kota Magetan; ada pula makam KPAH Ronggo Prawirodirdjo III, Adipati Maospati Madiun ke-3.

Taman Ria Manunggal,
Berada sekitar 1 km dari kota Magetan dengan tempat bermain anak-anak, kolam renang dan rumah makan.

Prasasti Watu Ongko,
Berupa prasasti peninggalan jaman Majapahit di jalur kembali dari rangkaian air terjun di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan.

Puncak Lawu,
Tempat Wisata Magetan yang di dalam kawasan ini terdapat Sumur Jolotundo, Lumbung Selayur, Pawon Sewu, Gua Selarong, Sendang Intan yang merupakan peninggalan Raja Brawijaya V.

Taman Ria Kosala Tirta,
Berada di Desa Pandean, Kecamatn Maospati, dengan kolam renang bersih, area bermain anak-anak, di lingkungan dengan pepohonan rindang.

Telaga Sarangan,
Terletak 16 Km dari Kota Magetan, di kaki gunung Lawu, seluas 30 Ha dan kedalaman 28 m, dengan hotel, rumah makan, arena bermain dan berkuda.

Telaga Wahyu,
Berada 2 Km ke dari Telaga Sarangan, seluas 10 Ha dan kedalaman 16 m, dengan tempat pemancingan, perkemahan, hawa sejuk, dan panorama indah.

Selain itu juga masih banyak tempat-tempat wisata serta kerajinan yang ada di kota magetan ini yang menarik serta bagus untuk dikunjungi. Bila anda ada waktu luang, alangkah baiknya anda coba pergi menelusuri objek-objek wisata tersebut. Selamat menikmati Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011 :)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Wednesday, July 27, 2011 7:35:00 PM

Saya juga udah ikutan. Susah banget, saingannya kuat2. Dukung saya ya :D

Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011

http://www.devildivinity.blogspot.com/2011/07/pesona-wisata-dan-kerajinan-magetan.html

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan, bijak dan membangun demi kepentingan bersama.

 
Support : My personal blog - Yusron Krista
Copyright © 2011. Leciku - Portal Berita Anak Muda - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger