Home » , » Tips dan Trik Ujian Nasional

Tips dan Trik Ujian Nasional

Ujian Nasional

"Sebelumnya selamat berjuang kepada kakak-kakak kelas 3 yang hari ini hingga beberapa hari kedepan melaksanakan Ujian Nasional. Semoga sukses. Ingat, tiga tahun kalian belajar hanya ditentuin pada 3 hari ini. Jadi kerjakan secara maksimal demi mendapat hasil yang terbaik"


Hari ini (16 April 2012), awal dimulainya Ujian Nasional tingkat SMA/sederajat di seluruh Indonesia. Perasaan was-was campur aduk pasti tengah dirasakan oleh mereka (mengingat dahulu aku juga pernah melaksanakan ujian ini). Namun jangan terlalu pusing memikirkan semua ini :) memang, setiap orang memiliki pikiran sama bahwa "Ujian itu sulit, lebih sulit dari menghafal 10 buku. Ujian itu bikin stres, setiap tahun selalu ada kasus murid yang frustasi karna ujian". Tapi jangan percaya dengan kata- kata tersebut. Sebenarnya itu terjadi karena beberapa faktor. Bisa karena faktor kesiapan mental, bisa juga karena pengaruh dari sekitar.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tak ingin kita alami tersebut, Persiapkan semuanya dengan matang. Ya mental Ya pengetahuan Ya keterampilan Ya ilmu. Bisa kita dapatkan dengan cara belajar dengan tekun. Akan tetapi jangan hanya belajar juga. Refreshing juga perlu. Seorang pelajar mempunyai jam efektif setiap harinya 7 jam untuk belajar disekolah. Sisanya digunakan untuk belajar di lingkungan rumah dan sekitar. Bila di jawa-kan, "nek isuk skolah gek mulihe sore jam 5. Opo yo kuat uteke bocah. Ndang bossok nek carane ngono" (silahkan ditranslate sendiri). Intinya, refreshing itu perlu guna menyegarkan otak.

Dari sekian kata diatas, saya hanya ingin memberi motivasi untuk tetap semangat menghadapi tantangan. Selamat mengerjakan. "ISO DIGARAP, RAISO OJO DIAWUT. TAPI MOCO TA'AWUD"
Share this article :

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik, sopan, bijak dan membangun demi kepentingan bersama.

 
Support : My personal blog - Yusron Krista
Copyright © 2011. Leciku - Portal Berita Anak Muda - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger